Senin, 20 April 2009

E.G.O

hmm.. gimana ya buat mulainya.. soalnya buat deskripsiinnya aja tuh susah..
Sebenernya sih, yang namanya EGO tuh mang dah sifat dasar manusia. mana ada sih manusia yang mo susah.. bener ga?? nah disitu lah dinamika hidup ini. dimana satu sisi kita harus bisa nahan EGO kita untuk orang lain, ato juga meneruskan dan memaksa EGO kita kepada orang lain.. ini yang bikin hidup kita lebih hidup, lebih berwarna, dan ga monoton..

tapi ga semudah itu lho bisa nahan atao memaksakan EGO kita. karena di dunia ini bukan cuma ada kita, ada hubungan dengan orang lain yang mungkin ga sependapat sama kita. untuk lebih mengenal lagi, ini ada cuplikan tentang ego dari www.wikimu.com
Ego adalah salah satu sifat umum manusia yang dimiliki oleh siapapun. Perasaan yang membuatnya ingin melakukan apapun untuk dirinya sendiri. Hal itu biasanya terjadi tanpa dia sadari. Takaran ke-Ego-an setiap manusia itu berbeda-beda, tergantung dari kemampuan orang tersebut apakah mampu menahannya atau tidak.

Faktor-faktor lain yang dapat membuat takaran keegoan setiap manusia berbeda-beda itu adalah sebagai berikut:

  1. Faktor Lingkungan. Keegoan seseorang itu biasanya akan sulit terkontrol jika lingkungannya tidak mendukung. Seperti keadaan yang mengharuskannya untuk melakukan apapun untuk bisa mendapatkan yang terbaik untuk dirinya. Biasanya dikarenakan persaingan, baik itu persaingan untuk hidup maupun untuk uang, dan sebagainya.
  2. Faktor Kebiasaan. Faktor yang ini masih berkaitan dengan Faktor Lingkungan. Faktor ini disebabkan oleh kemanjaan yang dibiasakan oleh orang tua kepada anaknya sehingga membuatnya merasa apapun bisa dia dapatkan.
  3. Faktor Keturunan. Faktor ini ada karena ego adalah sifat yang dapat "diturunkan" kepada keturunannya. Jika ego orang tua besar maka biasanya ego anaknya pun akan besar juga. Begitupun sebaliknya
nah dari itu coba deh sedikit kita merenungi, udah bener blom sih kita mengontrol EGO kita?? apa ada orang lain yang tersakiti oleh EGO kita?? jangan lah sampe hubungan yang dah kita bangun rusak cuma gara-gara EGO kita..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar